Beranda | Artikel
Apakah Orang Kafir Mendapatkan Pertanyaan Kubur?
Senin, 19 April 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Apakah Orang Kafir Mendapatkan Pertanyaan Kubur? merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 7 Ramadhan 1442 H / 19 April 2021 M.

Kajian Tentang Apakah Orang Kafir Mendapatkan Pertanyaan Kubur?

Terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama terkait apakah orang kafir juga mendapatkan fitnah kubur atau tidak? Apakah orang kafir juga akan disodorkan tiga pertanyaan kubur atau tidak?

Dari hadits-hadits yang telah kita bacakan pada kajian lalu, bahwasanya orang-orang kafir juga akan mendapatkan fitnah kubur. Salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dimana setelah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menceritakan bagaimana malaikat Munkar dan Nakir membentak dan memberikan pertanyaan kepada seorang mukmin dan dia mampu untuk menjawabnya.

وقال في العبد الكافر أو الفاجر: ويأتيه ملكان شديدا الانتهار، فينتهرانه، ويجلسانه،

“Kemudian beliau menceritakkan kondisi orang kafir dan fajir (pelaku dosa): Dia pun didatangi dua malaikat yang sangat kuat sekali bentakannya, dan di dudukkanlah jenazah tersebut.”

Dalam hadits ini sangat jelas disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menceritakan tentang nasib orang kafir dan orang fajir yang juga akan mendapatkan pengajuan tiga pertanyaan tersebut.

Hal ini berbeda dengan Imam Hakim, Tirmidzi, Ibnu Abdul Barr, dan Imam suyuthi, mereka mengatakan bahwasanya tidak ada fitnah kubur untuk orang kafir. Imam Hakim dan Tirmidzi berhujjah karena umat-umat terdaulu apabila mereka menolak untuk menerima ajakan para Rasul, maka mereka akan segera diadzab. Berbeda dengan umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwasanya adzab itu tidak diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi mereka-mereka yang mengingkari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50111-apakah-orang-kafir-mendapatkan-pertanyaan-kubur/